aprilia manganang
Berita Olahraga Nasional

Aprilia Manganang Ternyata Seorang Laki-Laki

Pemain Timnas Voli putri Indonesia Aprilia Manganang ternyata seorang laki-laki. Memiliki tubuh yang kekar seperti seorang laki-laki Aprilia memang sering di curigai sebagai pemain voli putra. Namun pernyataan mengejutkan datang dari Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Andika Perkasa, terkait jenis kelamin mantan atlet voli Tanah Air yakni Aprilia Manganang. Ia menegaskan bahwa Sersan Dua (Serda) Aprilia Manganang sejatinya adalah laki-laki.

Pada pernyataannya, Jenderal TNI Andika Perkasa menyatakan bahwa Aprilia menderita hipospadias sedari lahir. Adanya kendala ekonomi, membuat Aprilia tidak bisa menangani kondisinya dan menerima keadaan yang ada. Akhirnya ia pun dianggap perempuan, termasuk urusan administrasi kependudukan.

“Anak ini termasuk dalam kasus Hipospadias serius sehingga paramedis, yang membantu kelahirannya, dan orang tua menilai secara fisik, bahwa dia perempuan,” kata Jenderal TNI Andika Perkasa.

“Dari pemeriksaan urologi, Sersan Manganang lebih memiliki organ-organ jenis kelamin laki-laki, bahkan tidak ada organ-organ internal jenis kelamin perempuan,” tegasnya.

Aprilia mulai bermain voli sejak duduk di bangku SMP. Ia sempat berhenti saat SMA karena fokus dengan basket. Meski akhirnya ia kembali ke voli karena melihat kakaknya berhasil mendapatkan penghasilan dari voli itu sendiri.

Karier profesionalnya ia mulai ketika bergabung dengan tim Alco Bandung pada tahun 2011, lalu kemduian berpindah ke BNI 46, Manokwari Valeria, hingga akhirnya memperkuat Jakarta Elektrik PLN yang suskes memenangkan ajang Pertamina Proliga 2015 dan 2016.

Saat membela Timnas Voli Putri di ajang SEA GAMES Singapura 2015 Aprilia sempat di protes oleh Filipina karena di curigai sebagai pemain Putra. Hal ini di lakukan setelah tim voli Putri Filipina kalah telak 3-0 dari Indonesia.

aprilia manganang saat di ajang Asian Games
aprilia manganang saat di ajang Asian Games

Namun hal itu ditolak oleh Komite Kesehatan SEA Games. Karena dari berkas yang di berikan oleh Tim Voli Putri Indonesa memang benar Aprilia seorang perempuan.

Ajang Asian Games 2018 yang pada saat itu Indonesia menjadi tuan rumahpun Timnas Voli Putri sempat di protes oleh beberapa tim. Karena Aprilia Manganang yang mempunyai tubuh yang kekar di curigai sebagai seorang laki-laki.

 

sumber : viva.co.id, wikipedia

penulis : priyanata

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *