Foto Erupsi Gunung Raung
Berita Berita Lainnya

Erupsi Gunung Raung, Hujan Debu Sampai ke Bali

Gunung Raung merupakan, Gunung yang terletak di kawasan Jawa Timur. Secara administratif, kawasan Gunung ini terletak di tiga wilayah Kabupaten. Diantaranya,Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember. Pada kamis, 21 Januari Gunung Rau meletus dan mengeluarkan asap erupsi. Dari awal meletus gunung tersebut menyemburkan asap Erupsi mencapai 1.000 m di atas puncak. Hingga saat ini status Gunung Raung yang awalnya level I normal mencapai level II waspada. Pos Pantau Gunung Api (PPGA) Raung mengatakan bahwa asap erupsi naik yang awalnya hanya 1000 meter, kini mencapai 2000 meter. Namun PPGA mengatakan bahwa aktivitas vulkanik sama seperti biasa hanya terlihat secara visual memang berbeda dari awal meletus. Erupsi Gunung Raung, mengahasilkan sejumlah daerah menjadi terdampak hujan debu. Bahkan dari Senin, 8/2/2021 terlihat semakin terasa dampak dari hujan debu Erupsi Gunung Raung, hingga sampai ke Bali bagian barat.

Gunung Raung
Gunung Raung

Kawasan Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember merupakan daerah yang terkena dampak keras hujan debu. Karena daerah tersebut merupakan Wilayah atau daerah yang paling dekat dengan lokasi Gunung Raung berada. Dikutip dari kompas.com Salah seorang warga Kecamatan Glagah mengatakan, bahwa halaman rumahnya dipenuhi dengan abu vulkanik yang berwarna abu-abu gelap, hingga membuat matanya sampai sakit dan pedih. “mulai kemarin lantai kotor, sudah saya sapu hingga bersih. Tapi tidak sampai 15 menit lantai rumah saya mulai kotor lagi” kata salah satu warga yang merasakan dampak terjadinya hujan debu Gunung Raung.

Baca Juga: Fakta Menarik Pembangunan Jalan Tol Gilimanuk – Mengwi, Hingga Ganti Rugi Lahan

Bukan hanya kawasan jawa timur yang terkena dampak hujan debu, Bali bagian barat juga terkena dampak tersebut. Kabupaten Jembrana yang berada di ujung barat Pulau Bali merasakan dampak terjadinya hujan debu yang di akibatkan oleh meletusnya Gunung Raung. Salah satu warga Jembrana mengatakan bahwa merasakan debu tebal yang membuat lantai rumah menjadi kotor. Bahkan kurang dari satu jam setelah disapu lantai rumah menjadi kotor kembali. “lantai rumah menjadi kotor, mungkin ini akibat dari Erupsi Gunung Raung” kata Gede warga yang berada di kawasan Jembrana.

Jembrana memang dekat dengan daerah Jawa Timur. Tidak heran jika hujan debu mencapai daerah Bali bagian Barat. “Asap/abu mengarah ke Tenggara -Timur. Sudah banyak laporan kepada kami. Tadi juga abu juga menghujani kantor PPGA Raung,” jelasnya dilansir dari rilis Pemkab Banyuwangi, Minggu 7/2/2021, dikutip dari artikel kompas.com

Secara kasar abu vulkanis merupakan material yang seperti abu semen, batu kecil yang halus yang terlempar saat terjadi erupsi pada gunung. Material ini sangat tidak bagi kesehatan tubuh manusia. Biasanya akan mengakibatkan sakit tenggorokan, iritasi pada mata, hingga luka pada kornea.

Infografik Abu Vulkanik
Infografik Abu Vulkanik

Bahaya lainnya jika kita terlalu banyak menghirup abu vulkanis adalah terjadinya gangguan pada paru-paru. Hal ini diakibatkan karena aerosol berbahaya dan gas beracun yang membentuk abu dapat mengiritasi paru-paru.

(sumber, wikipedia, kompas.com)

 

Penulis: Priyanata

Editor: Priyanata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *