Prakiraan Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi
Berita Berita Lainnya

Fakta Menarik Tol Gilimanuk-Mengwi, Hingga Ganti Rugi Lahan

Jalan tol kedua di Bali dari Gilimanuk-Mengwi akan menjadi perhtian penting bagi warga yang berada di daerah Jembrana Bali. Bagimana tidak, tol ini akan mampu menempuh waktu dari jembrana ke badung dengan waktu tempuh hanya 1 jam. Berikut fakta menarik lainnya tentang pembangunan jalan tol Gilimanuk-Mengwi. Hingga penjelasan ganti rugi lahan.

peninjauan proyek jalan tol baru di bali dok kementerian pupr 169
peninjauan proyek jalan tol baru di bali dok kementerian pupr 169

Jarak Tempuh

Tol Gilimanuk-Mengwi diperkirakan akan memiliki panjang jarak 96 Km. Dari Panjang tersebut, nanti akan dibagi menjadi 3 sesi. Sesi 1 dari Gilimanuk sampai Pekutatan sepanjang 55 kilometer. Sesi 2 dari Pekutatan sampai Soka sepanjang 21,65 Kilometer. Sesi 3 dari Soka hingga Mengwi sepanjang 18,85 kilometer. Jarak awal dari Gilimanuk sampai di Kabupaten Badung seharusnya 113,5 Km yang membutuhkan jarak tempuh waktu kira-kira 2 jam bahkan lebih. Dengan dibangunnya jalan bebas hambatan masyarakat akan mampu menempuh jarak waktu dari Gilimanuk hingga Mengwi Badung, hanya 1 jam dengan jarak menjadi 96Km.

Peta Jalur Tol Gilimanuk-Mengwi
Peta Jalur Tol Gilimanuk-Mengwi

Baca Juga: Daftar Film Yang Akan Tayang Di Tahun 2021

Ganti Rugi Lahan

Dari awal proyek pembangunan jalan tol Gilimanuk-Mengwi, masyarakat banyak bertanya-tanya tentang lahan yang ia miliki apakah akan ada ganti rugi. Pertanyaan tersebut hingga saat ini masih terus terdengar dari pemilik tanah yang akan terkena jalur pembangunan jalan tol. Dari pihak pemerintah provinsi mengatakan bahwa “kalua masalah ganti rugi, nanti tentu saja pasti ada ganti ruginya bagi warga pemilik lahan yang terkena jalur pembangunan tol” ungkap Sudirta di kutip dari radarbali.jawapos.com

Tapi sudirta menambahkan bahwa belum ada penetapan pasti untuk lahan yang akan digunakan utuk pembuatan tol. Dan tentu saja belum bisa memastikan berapa luas tanah warga yang akan nanti digunakan.

Kemudian dasar yang digunakan dalam penilaian tanah dan bangunan tergantung dari tim appraisal. Apakah akan menggunakan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) atau menggunakan penilaian harga pasaran tanah tanah dan bangunan.

Khusus di jembrana ada 33 Desa atau Keluharan dari lima Kecamatan yang akan dilalui jalan tol. Dengan disediakan 3 rest area. Diantaranya berada di Desa Dangin Tukaddaya, Yehsumbul, dan Desa Gumbrih.

Nilai Investasi Hingga Rp. 19,3 Triliun

Tol Gilimanuk-Mengwi yang akan dilelenag pemerintah akan menambah ruas tol yang bisa dilalui sepeda motor. Pemerintah Kementrian Pekerja Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan menawarkan proyek infrastruktur sepanjang 96 Km dengan nilai invstasi hingga Rp. 19,3 Triliun.

Mampu Dilewati 50.000 Kendaran Perhari

Dari prakiraan pembangunan jalan tol Gilimanuk-Mengwi akan mampu menarik lintas harian sekitar 50.000 kendaraan termasuk mobil dan sepeda motor. Dikatakan bahwa kalua hanya mobil saja hanya sekitar 21.000 kendaraan perhari.

Itulah beberapa fakta menarik dari pembangunan jalan Tol Gilimanuk-Mengwi, hingga penjelasan ganti rugi lahan yang masyarakat belum tahu.

 

penulis: Priyanata

2 Replies to “Fakta Menarik Tol Gilimanuk-Mengwi, Hingga Ganti Rugi Lahan

  1. Astungkara dumogi di lancarkan…..Tuhan selalu memberkati masyarakat rukun,damai dan sejahtera pekerjaan memargi antar labda karya sida sidaning don,swaha.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *