bara taktik false nine
Artikel

Pengertian Taktik False 9 (nine)

Sebelum lebih jauh mengetahui tentang taktik false nine, ada baiknya kita tahu apa sebenarnya false nine itu. Taktik yang tidak menggunakan penyerang murni bisa disebut juga false nine. Namun bukan berarti pemain yang berposisi sebagai gelandang dijadikan penyerang adalah false nine. Pengertian taktik false nine itu sendiri merupakan bagaimana pelatih memberikan peran yang ganda terhadap pemain itu sendiri. Ilustrasinya saat pemain yang berposisi sebagai pemain tengah didepan gelandang aktif menjemput bola kebelakang. Dimana posisi tersbut akan memberikan ruang kosong terhadap pemain yang berposisi sebagai winger atau gelandang serang untuk masuk ke dalam kotak pinalti lalu menciptakan peluang.

pergerakan false nine
pergerakan false nine

PerbedaanĀ False NineĀ dan Nine Pos (penyerang murni)

Posisi sangat berbanding terbalik dengan posisi yang terpakan oleh pemain sebagai penyerang murni, atau murni 9. Jika dibandingkan, penyerang yang murni sebagai nomor 9 adalah pemain yang selalu meminta bola di antara pemain bertahan. Hanya meminta bola di bagian pemain bertahan lawan, saat mendapat bola otomatis tujuan pertama adalah kegawang untuk menciptakan peluang. Sedangkat false nine lebih aktif membuka ruang untuk menciptakan peluang terhadap pemain lainnya. Inzaghi merupakan salah satu pemain yangmurni berposisi sebagai nomor 9 atau penyerang murni.

Pemain Pertama False Nine

False nine sendiri di terapkan oleh pemain Austria Mathias Sindler 1930 saat melawan Jerman. Pemain zaman modern yang kerap menjadi false nine biasanya F. Totti (AS. Roma), Messi (Barcelona), Firminho (Liverpool). Merka selalu berposisi saat di formasi sebagai penyerang tengah, namun saat bermain mereka berperan aktif untuk menjemput bola dari tengah. Hal ini di lakukan memberikan ruang terhadap pemain lain untuk mask ke kotak pinalti untuk menciptakan peluang. Bahkan dalam hal ini, biasanya pemain tengah atau winger lebih aktif untuk mencetak gol.

Mathias Sindelar
Mathias Sindelar

Fakta pemain yang berposisi sebagai false nine biasanya pemain yang sudah terbiasa sebagi gelandang atau pemain tengah. Dimana mereka terbiasa untuk menjemput, meminta bola secara aktif dan bergerak secara fleksibel di setiap pertandingan. Contoh saja Barcelona saat pemain seperti Xavi, Iniesta, Sanches, dan Messi masih dalam satu tim. Biasanya Sanches selalu berperan aktif meminta bola turung ke tengah. Otomatis posisinya akan menjadi nol atau kosong. Biasanya Iniesta atau Mesi yang masuk ke dalam kotak pinalti lawan untuk meminta bola lalu menciptakan peluang. Maka dari itu Jumlah gol Messi atau Iniesta akan lebih banyak dari Sanches yang berposisi sebai penyerang saat di Formasi.

bara taktik false nine
bara taktik false nine

Dari itu dapat disimpulkan bahwa false nine bukan berarti formasi yang menggunakan striker murni atau tidak. Tetapi bagaimana peran peran pemain itu sendiri. Siapa saja bisa menjadi false nine dalam setiap pertandingan. Pelatih biasanya akan melihat situasi kekuatan lawan yang dihadapi apakah menggunakan taktik terebut atau tidak.

 

sumber : google gambar, wikipedi

editor : priyanata

penulis : priyanata

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *