lovebird Kurama bersama joki Gilang
Artikel Hobi

Perawatan Lovebird Betina Mantan Indukan Agar Juara

Lovebird yang sudah di ternak biasanya akan susah untuk dibuat menjadi player gantangan. Terutama pada lovebird yang berkelamin betina. Susahnya mengatur birahi kawin lovebird betina menjadi alasanna. Maka dari itu disini kami akan memberikan tips perawatan Lovebird betina mantan indukan atau ternakan. Dimana dirawat agar burng kembali bisa fighter di gantangan. Seperti yang di alami oleh salah satu pemain dari Jembrana Bali, Putu adi.

“Lovebird saya (Kurama) merupakan lovebird betina fighter yang usianya hampir mencapai 5 tahun. Mulanya dibeli hanya untuk di jadikan lovebird indukan mengingat pada tahun 2016 lovebird sedang naik daun. Pata tahun 2018 pejantan lovebird kurama mati entah kenapa, dan susah untuk dicarikan jodoh pejantan.” Kata Putu Adi, sekaligus perawat burung tersebut.

Foto LB Kurama juara BOB
Foto LB Kurama juara BOB

Sejak saat kehilangan pejantan, burung yang berwarna josan tersebut di putuskan untuk di jadikan gacoan.

Penurunan Birahi Betina Mantan Indukan

Rawatan awal harusnya melakukan penurunan birahi kawin burung. Mulai dari memberikan EF mentimun setiap hari, dimandikan basah kuyup pagi dan malam hari, serta pengumbaran setiap pagi. Biasanya membutuhkan waktu 2 sampai 3 bulan. Saat sudah terlihat stabil coba saja di gantang  pada event latberan. Untuk melihat kondisi burung saat berada dilapangan. Biasanya burung hanya diam dan memanggil lawan. Itu disebabkan burung tidak ada birahi saat dilapangan.

Pengkondisian Untuk Setingan Gantangan

Pengembunan, Burung di embun dari pagi, bisa dimulai dari jam 5 atau 6 pagi, melihat keadaan cuaca. Setelah matahari terlihat biarkan burung mandi sendiri dengan memberikan cepuk yang besar. Jika tidak mau, kita pancing untuk menyemprot burung terlebih dahulu. Selesai mandi sendiri biasanya burung hanya dijemur sebentar saja atau bahkan tanpa jemur seperti burrng milik Putu Adi (kurama). Burung dianginkan ditempat yang sejuk hingga bulu rapi dan terpancing untuk berbunyi.

Di Ablak (tanpa krodong)

Burung setelah dianginkan, di gantung di tempat yang sejuk atau didalam ruangan. Usahakan burung digantung berjauhan tanpa melihat lovebird lainnya (diasingkan sendiri). Itu di fungsikan agar emosi dan birahi burung stabil setiap harinya.

Umbar

Pengumbaran dilakukan bisa 2 kali dalam seminggu, dilakukan saat pagi hari selama 1 atau 2 jam. Itu berfungsi untuk melatih nafas agar burung memiliki durasi ngekek yang lama.

Pakan

Biasanya untuk Lovebird Betina single fighter seperti kurama, pakan yang diberikan hanya milet putih kiloan saja. Agar birahi tidak terlalu cepat naik. Dan bisa memberikan EF jagung seminggu sekali.

Foto Kurama & pemiliknya Putu Adi
Foto Kurama & pemiliknya Putu Adi

Itulah beberapa cara Perawatan Lovebird Betina Mantan Indukan Agar Juara

Sumber : Putu Adi

Penulis : Ariasa & Priyanata

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *