Artikel Hobi

PENGERTIAN DEFENSIF DALAM SEPAKBOLA

Defensif merupakan pengertian dalam hal strategi sepakbola dimana banyak diartikan sebagai pertahanan. Strategi ini biasanya digunakan saat tim sudah dalam posisi terdesak untuk mempertahankan kemenangan atau juga saat tim bertemu dengan tim yang lebih diunggulkan dalam hal permainan.

Dalam hal bertahan peran pelatih dalam memberikan arahan dalam membuat strategi saat bertanding sangat penting, dimana setiap pemain wajib mengetahui pergerakan lawan dan harus disiplin dalam posisi saat bermain. Possisi bek dlam permainan sepakbola merupakan salah satu posisi yang ditugaskan untuk menjaga pertahanan tim, dimana biasanya menempatkan 4 pemain bertahan LB, CB, CB, RB (Left Bek, Center bek, Center Bek, Right Bek). Formasi ini diterapkan menjadi 4-3-3.

sumber foto: google

Dalam sepakbola modern seperti saat ini banyak pelatih yang menginstruksikan pemain untuk memberikan tugas yang ganda, contoh saja dalam formasi 3-5-2

sumber gambar: google

Biasanya menggunakan 3 langsung pemain bertahan murni (CB), dengan 2 pemain yang berposisi sebagai wings dengan fungsi untuk bertahan dan menyerang. Saat bertahan 2 pemain wings akan turun untuk membantu mengamankan pertahanan tim, dimana akan ada 5 pemain bertahan dalam tim. kemudian saat menyerang pemain yang berposisi sebagai winger akan aktif kedepan untuk membantu melakukan serangan dari sisi lapangan. Formasi ini tentu sangat memerlukan pemain yang mempunyai kecepatan dan drible yang bagus, dan tentu saja mempunyai fisik daya tahan yang kuat karena mereka akan bekerja sangat keras jika ingin formasi dan strategi ini berjalan dengan baik.

Dalam sepkbola tentu saja tidak hanya satu posisi yang harus kuat dalam permainan, bertahan bukan hanya tugas murni bagi seorang pemain yang berposisi sebagi bek. Penyerang dan pemain tengah wajib juga melakukan pertahanan dari atas, dimana jika bola berhasil direbut dari derah pertahanan lawan sangat menguntungkan untuk melakukan serangan langsung dan jarak serngan untuk menyerang tentu akan semakin membahayakan. Kiper juga termasuk peran penting dalam hal bertahan. Dimana posisi kiper adalah orang terakhir yang mengawal pertahan tim, sekalisgus menjaga gawang agar tidak kebobolan saat pertandingan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *